Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

K.H. Muhammad Aiz, MH : Pembacaan Manaqib Syaikh Muhajirin pada Haul ke-22

Dr. K.H. Muhammad Aiz
Dr. K.H. Muhammad Aiz, MH. saat membacakan manaqib di Haul yang Ke-22 (Foto :Shopyan Hadi)

Bekasi, Pers Marhalah Ulya

Pembacaan manaqib (biografi) di Haul Syaikh Muhammad Muhajirin yang ke-22 dibacakan oleh Dr. K.H. Muhammad Aiz, MH. pada Minggu (09/06/2024). 

Baca Juga

Dr. K.H. Muhammad Aiz merupakan putra dari Syaikh Muhammad Muhajirin Amsar Ad-Dary sekaligus anak terakhirnya. 

Manaqib yang dibacakan oleh K.H.Aiz di haul itu memang hanya sebagian kecil dari kisah perjalanan hidup Syaikh Muhajirin.

"Sebagian besar hidupnya dihabiskan menuntut ilmu," Kata K.H. Aiz. 

K.H. Aiz juga menceritakan bahwa banyak guru-guru Syaikh Muhajirin yang ada di Kota Jakarta dan Kota Mekkah. 

Guru-guru yang ada di Kota Jakarta dan Mekkah yang mendidik Syaikh Muhajirin menjadi alim dan bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini terlihat dari banyak karya tulis yang ditulis oleh Syaikh Muhajirin berupa kitab kuning dari berbagai cabang ilmu agama serta karyanya ia ajarkan kepada murid-muridnya sehingga banyak murid-murid yang diajarkannya menjadi alim dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. 

Buku Biografi Syaikh Muhajirin
Buku Biografi Syaikh Muhajirin

Buku Manaqib yang dibacakannya merupakan hasil karya tulisannya sendiri. Buku itu berjdul "Lentera Di Tengah Kegelapan". Di dalam buku ini, secara garis besar, berisikan perjalanan hidup K.H. Muhajirin mulai dari masa kecilnya, masa ketika berada di Mekkah dan Madinah, masa ketika selepas pulang dari Mekkah dan Madinah serta konsep pemikiran Syaikh Muhajirin yang terdiri dari toleransi, pendidikan, politik pemerintahan dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang tertulis di buku tersebut. 

Terakhir, K.H. Muhammad Aiz mengucapkan terimakasih atas kehadiran jamaah haul yang telah datang untuk mendoakan Syaikh Muhammad Muhajirin Amsar Ad-Dary. 

Posting Komentar untuk "K.H. Muhammad Aiz, MH : Pembacaan Manaqib Syaikh Muhajirin pada Haul ke-22"